Tips Menjaga Kesegaran makanan

Buah-buahan dan sayuran Anda membusuk sebelum sempat disantap? Mungkin cara penyimpanan Anda kurang tepat. Padahal kesegaran buah-buahan atau sayuran sebagai bahan masakan sangat berpengaruh terhadap kelezatan masakan tersebut. Berikut beberapa tips praktis penyimpanan makanan agar selalu terjaga kesegarannya:

Tidak semua buah dan sayuran akan menjadi lebih segar jika disimpan di kulkas. Buah dan sayuran tropis seperti mangga, alpukat dan pisang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

Buah-buahan seperti aprikot, peach dan pir, mengeluarkan gas alami yang dapat menyebabkan buah lain dan sayuran di dekatnya lebih cepat matang. Brokoli, bunga kol, timun dan wortel termasuk yang mudah terpengaruh. Jadi sebaiknya simpan buah dan sayuran tersebut di tempat terpisah agar tidak mudah membusuk.

Agar salad Anda lebih tahan lama disimpan di kulkas, cuci sayurannya, keringkan, lalu masukkan ke wadah yang ditutupi dengan kain lembab.

Untuk menjaga kesegaran rempah-rempah, keluarkan isinya dari kemasan, gulung dengan tisu dapur yang telah diperciki air, lalu lapisi dengan plastik pembungkus makanan.

Jangan gunakan aluminium foil untuk membungkus makanan yang berkadar asam tinggi seperti tomat iris, jeruk atau sawi. Alumunium foil dapat mempengaruhi rasa buah dan sayuran terse


sumber : binaraga.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar