Pengantar Teori Ekonomi Mikro

Teori : suatu hipotesa yang dibuktikankebenarannya melalui pengujian. Kegunaannya : untuk meramalkan ataumenjelaskan dunia nyata.

Ekonomi : persoalan yang dihadapi seseorang, perusahaan atau masyarakat untuk membuat keputusan, tentang cara yang terbaik untuk melakukan suatu kegiatan atau aktifitas (ekonomi.

Aktifitas ekonomi:(didasari oleh sifat kelangkaan) semuakegiatan manusia yangditujukan untuk memenuhi semua keinginan yang teidak terbatas, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas. Atau kegiatan seseorang, perusahaan atau masyarakat untuk memproduksi barang atau jasa, maupun konsumsi barang atau jasa tersebut.

Mikro : unit individu atau peroranga yaitu perusahaan , pemilik faktor produksi, dan konsumen.

DEFINISI

Teori Ekonomi Makro: ilmu/teori/pandangan-pandangan yang mempelajari atau menjelaskan perilaku ekonomidari unit-unit pengambilan keputusan individu(konsumen, pemilik sumber daya, dan produsen).

Model Ekonomi

Teori ekonomi( modern), dipenuhi/ dijelaskan dengan pendekatan model.

Model menjelaskan tingkah laku ekonomi dari unit-unit individu, badan pemerintah, serta menjelaskan interaksinya yang menciptakan sistem ekonomi dalam suatu wilayah, negara, regional, dan dunia secara global.

Model adalah suatu representasi(penjelasan) penyederhanaan dari keadaan nyata(riil)

Atau dunia nyata yang kompleks.

Model ekonomi adalah suatu diskripsi penyederhanaan berbagai aspek ekonomi yang biasanya berupapersamaan (fungsi) matematik, grafik(gambar), dan tabel.

Model mengandung abstraksi dari kenyataan yang menunjukkan suatu keadaan yang memiliki banyak arti dan asumsi yang jelas.

KONSEP INDUSTRI

Konsep industri sangat penting untuk analisis ekonomi, dan juga untuk pengusaha, pemerintah,dan para peneliti.

Kriteria Penggolongan Industri:

  1. Menurut produk yang dihasilkan (kriteria pasar). Kelompok produsen uang memproduksi produk-produk sejenis. (kegunaannya sama & bisa saling menggantikan).
  2. Menurut cara produksi (kriteria teknologi). Kelompok produsen yang menggunakan metode/ teknologi yang sama. Atau menggunakan faktor produksi sejenis atau menggunakan saluran distribusi yang sejenis.

Necessary dan Sufficient

Merupakan persyaratan yang harus dipenuhidalam memecahkan masalah-masalah ekonomi dalam teori ekonomi.

Necessary(keharusan) : syarat teknis (efisien teknis)

Sufficient(kecukupan) : syarat ekonomi (efiien ekonomis)

Asumsi dan Ceteris Paribus

  1. Asumsi : permisalan untuk membatasi atau menyederhanakan masalah-masalah (ekonomi) yang sangat kompleks.
  2. Ceteris Paribus :hal-hal lain yang tidak mengalami perubahan atau dianggap tetap.

Tujuan atau Kegunaan Mempelajari Teori Ekonomi Mikro

  1. sebagai langkah / cara yang paling dasar / mudah untuk mempelajari ilmu-ilmu / teori-teori ekonomi lanjutan (ekonomi makro, ekonomi produksi, ekonomi internasional, ekonomi menejerial, dll).
  2. untuk dapat menilai jalannya aktifitas ekonomi (efisien atau tidak).
  3. sebagai analisis pengaruh perubahan terhadap aktifitas ekonomi.
  4. sebagai salah satu dasar untuk menetapkan / memperbaiki kebijakan agar aktifitas ekonomi bejalan sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar